KOPLING (clutch) dan cara bongkar pasangnya
KOPLING ( CLUTCH)
PENGERTIAN KOPLINGkopling adalah komponen suatu kendaraan yang terletak dia antara mesin dan transmisi yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi.
SARAT YANG HARUS DIMILIKI OLEH KOPLING
a. harus dapat memutus dan menghubungkan putaran mesin dengan transmisi dengan lembut.b. harus dapat memindahkan tebaga mesin dengan tanpa slip
jika kopling sudah menghubungkan penuh maka antara flywheel dan plat kopling tidak boleh slip sehingga daya dan putaran mesin 100% terpindahkan.
c. tahan panas dan putaran dari mesin
d. harus dapat memutuskan dan menghubungkan debgan sempurna dan cepat.
JENIS JENIS KOPLING
kopling gesekdinamakan kopling geek karena untuk melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan gaya gesek yang terjadi pada bidang gesek.ditinjau dari bentuknya bidang geseknya kopling di bedakan menjadi 2 yaitu :
a. kopling piringan (disc clucth)
kopling piringan adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk piringan atau disc.
b. kopling konis adalah unit kopling dengan bidang gesek berbentuk konis.
CARA MELEPAS UNIT KOPLING (CLUCTH)
1. lepaskan transmisi dari mesin2. melepas penutup kopling dan kopling
a. berikan tanda tanda pada penutup kopling dan pada
roda gaya
b. kendorkan baut baut sekali putar secara merata demikian rupa sehingga pegas pemegang menjadi bebas
c. lepas kan baut baut pengikat kemudian penutup kopling dan koplingnya.
3. lepas bantalan pembebas denag hub.garpu dan karet pelindung debu dari transmisi.
a. lepas klip dan gtarik bantalan pembebas dengan hub
b. ( tipe kontrol kabel) lepas pegas pemegang
c. lepas garpu dari karet pelindung debu (boot).
pemasangan unit kopling
1. pasang plat kopling pada roda gaya2. pasangb tutup kopling
- tepatka tanda pada tutup kopling dan roda gaya
- kencangkan baut pengikat dengan rata dalam beberapa tahaap sampai tutup kopling terduduk dengan baik
3. periksa kerapatan ujung pegas diaphragma
4. bila perlu stel pegas
5. oleskan gemuk molybdenum disulphide lithium base(NLGI no.2) atau gemur mp.
6. pasang karet pelindung debu garpu dan bantalan pembebas dengan hub pada transmisi
7 pasang tarnsmisi pada mesin.
Comments
Post a Comment